pasang

Akibat Kekurangan Asupan Kalsium Pada Merpati Hias

Sebagai peternak merpati hias kita wajib tahu mengenai hal ini, terlebih lagi masalah Kekurangan Asupan Kalsium Pada Merpati Hias dapat mengurangi kwalitas dari hasil ternakan kita.

Terlebih lagi kita sebagai peternak merpati hias di indonesia kebanyak menggunakan sistem kandang atau sangkar bertingkat dengan ukuran relatif standar, jelas sekali mengurangi ruang gerak dari merpati hias itupun kita sering lupa untuk menambahkan great / asinan untuk merpati hias.

Padahal banyak sekali akibat dari kekurangan asupan kalsium pada merpati hias seperti pada foto berikut ini :

Telur Lembek
Hal ini di sebabkan oleh kurangnya asupan kalsium pada indukan merpati hias, sehingga menyebabkan kualitas cangkang telurnya lembek dan mudah pecah.
Telur Lembek di karenakan kekurangan kalsium
Kaki O Cacat
Di karenakan indukan merpati hias kekurangan kalsium dapat mengakibatkan penurunan kwalitas terhadap anakannya, seperti pada foto gambar di bawah ini.

Anakan Merpati Hias Kekurangan Kalsium
Kaki Bengkong
Sebenarnya penggunaan kaki bengkong kurang tepat di karenakan akan banyak sekali di temukan masalah kaki bengkong ini seperti jemari yang bengkong, kaki paha bengkong dan lain-lain. Sebenarnya penyakit ini di karenakan kekurangan kalsium di tambah lagi dengan kandang yang beralaskan keras.
Kaki Bengkong di sebabkan kekurangan kalsium dan kandang yang keras


Untuk menanggulangi masalah kekurangan kalsium pada merpati hias ini sebenarnya sangat mudah bahkan tidak harus beli great / asinan untuk merpati hias cukup ganti media sarang mengeram merpati hias ini dengan menggunakan pasir.

Selain pasir bayak kelebihannya media sarang pasir juga sebagai great / asinan untuk merpati hias yang cukup murah dan mudah untuk kita temukan, Baca Artikel Lengkapnya Pasir Sebagai Media Sarang Ternak Merpati Hias.

Sumber : Foto Dari Blog Pawiro Brid Farm

Akibat Kekurangan Asupan Kalsium Pada Merpati Hias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Merpati Hias Jogja
pasang