pasang

Merpati Endemik Indonesia

Keberadaan Merpati Endemik Indonesia saat ini juga semakin sulit ditemukan, merpati endemik saat ini banyak dicari oleh peternak merpati di Indonesia dikarena kehandalannya dalam merawat telur-telur merpati lain, atau merpati ini sering kali disebut sebagai merpati babuan, merpati babuan adalah merpati yang dipelihara secara khusus untuk menetaskan telur-telur merpati lain yang dinilai oleh peternak lebih berharga.

Merpati Pajer - Salah Satu Merpati Endemik Indonesia


Adapun dari beberapa jenis merpati endemik di indonesia yang terasuk dalam kategori merpati hias dan sebagaian lainnya  sebagai merpati potong karena umumnya postur tubuh merpati brongsong memiliki postur tubuh yang besar. Meskipun demikian saat ini ras brongsong juga memiliki daya jual yang tinggi, harga merpati brongsong tergantung dari keunikan masing-masih postur dan warna marking pada bulunya.

Jenis merpati endemic rata rata ditemukan diwilayah wilayah pulau jawa, menurut data/file di group fb IEPC ( Indonesian Edemik Pigeon Community ), walau tidak menutup kemungkinan akan ditemukan juga diwilayah lain.

Berikut ini beberapa jenis merpati endemik indonesia yang berhasil di data oleh komunitas pecinta merpati endemik indonesia ( Indonesian edemik pigeon community ) :

Jenis jenis merpati endemic itu diantaranya, Jawa Sungut, Brongsong, Songkop, Wulung, Pajer, Bangget, Krey, Kether, Melati, Merpati Kupu-kupu / Kuchir Ithik, Bungkos, Brues, dan beberapa jenis merpati yang masih dalam pendataan oleh team pelestari merpati endemic/local IEPC.

Merpati Jawa Sungut

Merpati Brongsong

Merpati Songkop

Merpati Wulung

Merpati Pajer

Merpati Bangget

Merpati Krey

Merpati Kether

Merpati Melati

Merpati Kupu-Kupu

Merpati Bungkos

Merpati Brues

Merpati Endemik Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Merpati Hias Jogja
pasang